popuner

Rumah Adat Betawi

Hal inilah yang membuat indonesia menjadi salah satu negara paling unik yang dikagumi tidak hanya oleh warga negaranya sendiri tapi juga masyarakat internasional. Maka tidak heran bila rumah adat tersebut bernama mirip dengan baju khas jawa.

Rumah Adat Betawi Dki Jakarta Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Rumah adat betawi selain pakaian adat betawi yang telah kita bahas di artikel sebelumnya yang tak kalah penting untuk dilestarikan dari kebudayaan adat betawi adalah rumah kebaya.

Rumah adat betawi. Rumah adat betawi suku betawi adalah suku di negara indonesia yang sebagian besar penduduknya bertempat tinggal di dki jakarta. Rumah kebaya merupakan rumah adat betawi asli yang paling terkenal dan tercatat secara resmi sebagai simbol dari bangunan suku betawi. Rumah adat betawi jumlah suku bangsa di indonesia yang mencapai ribuan membuat negara ini memiliki ragam adat budaya yang tersebar di seluruh penjuru.

Meskipun sekarang kota jakarta terlihat sungguh modern tetapi suku betawi masih memiliki peninggalan rumah adat betawi. Rumah adat di lingkungan bagian dalam dapat dijumpai antara lain di daerah condet kebon jeruk ciputat. Seiring berkembangnya kemajuan zaman kebudayaan lokal asli seperti pakaian adat tarian adat dan rumah adat betawi semakin tergerus.

Anak anak betawi sekarang tidak tahu tentang asal usul. Disebut dengan rumah kebaya dikarenakan bentuk atapnya yang menyerupai pelana yang dilipat dan apabila dilihat dari samping maka lipatan lipatan tersebut terlihat seperti lipatan kebaya. Rumah tradisional suku betawi yang pertama yaitu rumah kebaya.

Bintaro cinere dan sukabumi ilir. Mereka juga bersifat pluralis dan bisa menerima perbedaan sebagai bentuk keragaman budaya bangsa. Oleh karena itu tidak ada salahnya mengetahui beberapa rumah adat dari betawi yang dulu pernah ada.

Karena arus urbanisasi kebudayaan lokal betawi sebagai suku aslinya semakin lama kian menghilang. Ya rumah kebaya merupakan salah satu peninggalan budaya nenek moyang adat betawi dalam bidang arsitektur hunian yang masih dapat kita jumpai hingga saat ini. Disebut rumah kebaya karena memiliki bentuk atap yang mirip pelana yang dilipat.

Selain rumah kebaya suku betawi juga memiliki rumah adat lainnya seperti rumah gudang rumah joglo dan rumah panggung. Teras depan rumah betawi sumber. Rumah kebaya merupakan sebuah nama rumah adat suku betawi.

Dan bila diperhatikan dari samping maka lipatan lipatan tersebut berbentuk seperti lipatan baju kebaya. Rumah adat suku betawi dinamakan rumah kebaya. Mereka adalah penduduk yang menempati batavia sejak abad ke 17.

Keunikan rumah adat betawi ini adalah sebagai satu satunya rumah yang memiliki serambi ukuran luas untuk menerima tamu dan juga sebagai teras tempat bersantai semua anggota keluarga. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai rumah adat sulawesi utara rumah adat kalimantan barat dan rumah adat jawa tengah kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai rumah adat dari suku betawi. Rumah rumah adat betawi dikelompokkan menjadi dua rona yaitu adat dilingkungan bagian dalam dan bagian pesisir.

Suku betawi adalah penduduk asli jakarta.

Rumah Panggung Betawi Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

4 Hal Utama Dari Rumah Adat Betawi Jarang Diketahui Umum

Jenis Dan Ciri Ciri Rumah Adat Betawi Sobat Hunian

Rumah Adat Betawi Hunian Khas Penduduk Asli Jakarta Yang Penuh

Pilihan Hotel Keren Untuk Menginap Di Sekitar Ancol

Rumah Adat Betawi Bangunan Baru Bojong Gede Kab Bogor Jualo

Ramini Craft Id Miniatur Rumah Adat Kebaya Betawi Ukuran

Arsitektur Tradisional Rumah Betawi Arsitag

Suku Betawi Rumah Adat Betawi

Miniatur Rumah Asli Betawi Tangerang Tempo Dulu Steemit

Nama Nama Rumah Adat Betawi Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Rumah Adat Betawi Minimalis Rumah Minimalis Rumah Minimalis

Rumah Adat Betawi Hunian Khas Penduduk Asli Jakarta Yang Penuh

Miniatur Rumah Adat On Twitter Miniatur Rumah Betawi


0 Response to "Rumah Adat Betawi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel